Silaturahmi awal tahun 2017 Komunitas Pebisnis Tangsel (Kopi Tangsel) telah dilaksanakan Rabu, 11 Januari 2017 di Rumah Pintar BSD City. Dihadiri 40 orang terdiri dari pengurus, inisiator dan anggota.
Acara ini diadakan sebagai kegiatan awal tahun agar bisa menjaga komunikasi secara off-line untuk meningkatkan rasa kebersamaan, saling berkenalan secara tatap muka, mempererat tali persahabatan dan membangun jejaring usahanya.

Seperti kegiatan Kopi Tangsel yang lain, ada materi edukasi yang diberikan agar tidak melulu ketemuan untuk ngobrol saja. Yaitu sharing Business Model yang dipresentasikan oleh Nico Budianto – Pengurus dan Praktek Membuat Business Model Canvas yang dipandu oleh Nico Budianto dan pengurus lainnya, Sigit Sulistianto dan Vera Lativa.

Materi ini diberikan kepada anggota mengingat pentingnya dan manfaatnya untuk perencanaan bisnis, review bisnis yang sudah berjalan maupun untuk perencanaan pengembangan bisnis kedepannya. Silaturahmi itu penting dan bisa dimanfaatkan untuk proses belajar juga, seperti disampaikan Ito – pengurus, pada saat pembukaan acara.

Business Model adalah gambaran/miniatur sebuah bisnis dalam rangka menciptakan dan menyalurkan nilai tambah (value) sebuah produk atau jasa. Sebagai alat bantu untuk memberikan pandangan yang menyeluruh akan proses bisnis yang akan kita rencanakan atau bahkan menjelaskan bisnis yang sedang berjalan agar terus bertahan hidup (sustainable). Banyak bisnis yang baru mulai dan mengalami banyak kendala selama operasionalnya. Business model bisa membantu kita menganalisa masalah dan mencari solusinya.

Business Model Canvas adalah ilustrasi model bisnis yg dituangkan dalam canvas atau lembaran kertas sebagai alat untuk memodelkan bisnis sebuah bisnis. Business Model Canvas merupakan metode visual mendeskripsikan bagaimana cara kita membuat & melakukan suatu bisnis. Terdiri dari 9 blok area aktivitas bisnis, yang memiliki tujuan memetakan strategi untuk membangun bisnis yang kuat. 9 blok model yang disatukan menjadi satu kesatuan bisnis.

Satu bisnis atau ide bisnis dapat memiliki lebih dari 1 model bisnis yang masing-masing dapat digambarkan sebagai suatu ‘business model canvas’.

Beberapa anggota selanjutnya diberi kesempatan untuk presentasikan business model canvas nya. mBak Suzan dan mBak Uli mewakili bisnis Food, mbak Dessy mewakili bisnis Craft dan Mas Ramdhan mewakili bisnis Jasa.

Sebelum acara diakhiri, Mbak Etty – Kerupuk RHR dan mBak Irma – Sagon Bakar Lezaat tampil untuk sharing usahanya. Selanjutnya, seperti biasa acara ditutup dengan foto bersama.

Serpong Utara, Nico Budianto – Pengurus Kopi Tangsel

Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 02   Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 04

Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 06   Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 07

Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 09   Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 10

Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 11   Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 12

Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 13   Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 14

Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 03   Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 08

Silaturahmi Awal Tahun 2017 Kopi Tangsel 05